Honda Clarity Plug-in Hybrid dan Honda Clarity Electric Tampil Mempesona

New York – Hari ini (14/4), Honda Clarity Plug-in Hybrid dan Honda Clarity Electric akan tampil di New York International Auto Show 2017.

Honda Clarity Plug-in Hybrid dan Clarity Electric akan melengkapi model Clarity Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) yang saat ini dijual di beberapa negara seperti Jepang dan Amerika Serikat. Clarity FCEV sendiri diluncurkan pada Desember 2016.

Jika keduanya telah dijual ke publik menyusul Clarity FCEV, maka Clarity akan menjadi seri-seri pertama yang menawarkan jangkauan kendaraan listrik terluas.

Honda sendiri secara dunia bertekad akan menjual 2/3 dari total penjualan kendaraannya berupa kendaraan listrik pada 2030.

“Elektrifikasi adalah masa depan mobilitas dan masa depan Honda, dan semuanya dimulai sekarang dengan seri ini Clarity baru,” kata Steve Center, vice president of the Connected and Environmental Business Development Office di American Honda.

Honda Clarity Plug-in Hybrid
Mobil dipersenjatai dengan mesin hyper-irit 1.5-liter Atkinson cycle 4-cylinder plus motor listrik. Mesin bensin bisa berfungsi membangkitkan listrik pada kondisi tertentu dan menjadi sumber tenaga langsung. Jika mobil meluncur tidak menggunakan mesin maka jarak tempuhnya mencapai 42 mile (sekitar 68 km), tapi jika memadukan kedua sumber tenaga maka akan tercapai 330 mil (sekitar 531 km) dengan kondisi tangki bensin penuh dan tanpa mengisi ulang.

Sebagai mobil listrik, Honda Clarity Plug-in Hybrid dibekali dengan baterai yang butuh waktu pengisian 2,5 jam pada sumber daya 240 volt. Pengemudi dapat memilih beberapa mode berkendara: Normal, Econ dan Sport. Mobil ini akan masuk ke showroom di Amerika Serikat pada akhir 2017.

Honda Clarity Electric
Mobil tidak dibekali dengan mesin bensin, namun hanya motor listrik (tenaga 161 hp dan torsi 300 Nm) dan baterai (25.5-kWh). Pengisian baterai memerlukan waktu lebih dari 3 jam agar penuh di sumber daya 240 volt tapi kalau diisi di sistem pengisian cepat DC hanya 30 menit untuk mencapai 100%.

Pilihan mode berkendaranya pun sama dengan versi Clarity Plug-in Hybrid. Honda akan menjual Honda Clarity Electric mulai akhir 2017. California dan Oregon akan menjadi sasaran utamanya karena regulasi di dua wilayah tersebut akan memberikan tawaran menarik bagi para pelanggan. [Otobisnis]

 

 

You might also like