Kangen Ford Escape? Ini Model Barunya

DEARBORN – Apakah Anda masih ingat dengan Ford Escape? Dengan bentuk kotak, Ford Escape sempat dijual di Indonesia sebelum akhirnya Ford menyatakan keluar dari pasar Indonesia.

Generasi keempat Escape sudah diperkenalkan meski belum dijual ke pasar Amerika Utara. Desainnya tidak lagi boxy seperti generasi I dan II melainkan mengurva dengan grille heksagonal besar.

Selain desainnya yang serba baru, Ford menyodorkan powertrain dan system transmisi baru, pengurangan bobot, perbaikan aerodinamika, serta update di sector suspensi.

Ford Escape 2020 berbahan bakar bensin dan hybrid akan dikencani oleh system all-wheel drive (AWD). Semua mesin EcoBoost akan menggunakan transmisi otomatis 8-speed.

Pilihan mesin EcoBoost pertama berkapasitas 2.0-liter dengan tenaga 250 hp dan torsi 373 Nm jika menenggak bensin oktan 93. Akselerasi 0-100 kpj dicapai lebih cepat 10% dibandingkan mesin EcoBoost 2.0-liter sebelumnya. Mesin ini akan dijumpai di Escape Titanium.

Mesin EcoBoost kedua 1.5-liter yang menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi 240 Nm. Mesin ini menampilkan cylinder deactivation (jika system menyatakan 1 silinder tidak dibutuhkan maka akan ‘mematikannya’ secara otomatis) yang berguna memangkas konsumsi BBM. Escape S, SE, dan SEL akan memakai mesin ini.

Ford Escape hybrid akan memanfaatkan mesin 2.5-liter dengan transmisi CVT elektronik. Sistem akan membangkitkan tenaga 198 hp. Kecepatan maksimal saat bermodal listrik saja mencapai 137 kpj. Escape hybrid dijumpai di varian Titanium dan SE Sport.

Escape plug-in hybrid terdapat di varian SE Sport dan Titanium. Jarak tempuh mobil jika hanya menggunakan daya listrik sekitar 50 kilometer.

Generasi I Escape nongol di Amerika Utara pada 2000. Escape 2005 menjadikan Ford sebagai produsen AS pertama yang menawarkan hybrid ketika meluncurkan Escape Hybrid. Generasi ketiganya dijual pada 2012. Sejak 2012-2013 Escape berbagi platform dengan Ford Kuga yang dijual di Eropa.

Ford menyatakan bahwa penjualan Escape di Amerika Utara sudah mencapai 4,5 juta unit sejak generasi pertama. Tak mengherankan jika Escape menjadi mobil terlaris kedua Ford di AS setelah Ford F-Series.

Ah, kok jadi kangen dengan Escape. [Itn]

 

 

 

 

You might also like