XPANDER AP4, Mobil Reli Berbasis MPV

JAKARTA – Sebuah konsep modifikasi Xpander bernama Mitsubishi Xpander AP4 menjadi salah satu sorotan para pengunjung Indonesia International Motor Show 2019.

Xpander AP4 Concept merupakan hasil modifikasi dari tim motorsport product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

Dari konsep ini mereka berencana akan menerjunkannya di kejuaraan motorsport bertajuk AP4 yang mengusung konsep mobil balap berbasis mobil harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran.

AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk-induk olahraga otomotif di Selandia Baru dan Australia pada 2015. Awalnya AP4 diciptakan untuk menjadi alternatif karena mobil reli berjenis R5, yang berspesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal. Jadi modifikasi di sini bertumpu pada pemangkasan biaya.

Beberapa faktor yang membuat AP4 lebih tejangkau adalah karena menggunakan mesin, gearbox, serta suspensi sama. Dengan kata lain, body mobil konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 dapat berbagi suku cadang antartim yang saat kompetisi reli berlangsung.

Mobil berjenis AP4 ini dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di Indonesia yang menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagai catatan, mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional seperti reli Australia, reli Selandia Baru dan reli Asia Pasifik. [Itn]

 

You might also like