Asyik! Tarif Tol Arus Balik Didiskon 15 Persen!

JAKARTA – Pemudik yang melakukan perjalanan pulang dari kampung halaman menuju Jakarta, akan mendapat kejutan dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia (AJTI). Pasalnya, pada Senin (10/6) pukul 00:00 WIB, tarif tol di seluruh Indonesia diberikan potongan harga sebesar 15 persen. Ini bukan kali pertama tarif tol tersebut didiskon, sebelumnya saat arus mudik tarif tol juga diberikan diskon.

Pada periode mudik 27-29 Mei 2019, tarif tol yang berada dioperasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga didiskon. Hal ini diberikan oleh PT Jasa Marga untuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol sepanjang mudik. “Diskon tarif tol yang sepenuhnya merupakan inisiasi dari ATI merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol serta mendistribusikan lalu lintas agar tidak menumpuk di sejumlah tanggal tertentu,” tulis pernyataan PT Jasa Marga.

Namun demikian, diskon tersebut tidak diberikan pada saat prediksi puncak arus mudik maupun balik lebaran. Ini dikarenakan Jasa Marga menilai agar lalu lintas dan volume kendaraan yang melakukan arus balik, dapat terdistribusi dengan baik. Diskon tarif tol tersebut berlaku pada 10 Juni 2019 pukul 00:00 WIB hingga 12 Juni 2019 pukul 24:00 WIB.

Beberapa waktu lalu, Desi Arryani, Direktur Utama Jasa Marga, juga mengatakan tujuan utamanya dari pemberian diskon tersebut untuk mengurai kemacetan dan mobilitas pemudik yang melakukan arus balik dapat lebih terurai.

“Harapannya adalah masyarakat merespons ini sehingga mengurangi beban puncak mudik dan arus balik. Kami memberikan diskon sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat memanfaatkan mudik dan balik Lebaran sekaligus berlibur,” ujar Desi.

Diharapkan dengan adanya jadwal diskon yang diberikan oleh BUJT dapat menjadi acuan pengguna jalan dalam merencanakan perjalanan mudik yang lebih baik lagi. Meski berlaku diskon 15%, para BUJT tetap berupaya maksimal agar pengguna jalan dapat selalu merasa aman dan nyaman selama perjalanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

You might also like