Mitsubishi XPANDER Rally Siap Ngebut di New Zealand

Tangerang – Modifikasi Mitsubishi XPANDER yang dilakukam oleh Rifat Sungkar, akan memulai debutnya di ajang rally New Zealand, Agustus mendatang.

Setelah memasuki tahap perombakan yang dipersiapkan untuk ajang rally dalam dan luar negeri, Mitsubishi XPANDER racikan RFT Motorsport, akhirnya siap untuk diadu dalam ajang kompetisi yang akan diselenggarakan di New Zealand. Rifat Sungkar dan M Redwan, akan menjadi pahlawan dari balik kemudi Mitsubishi XPANDER AP4 tersebut.

Menurut Rifat, pereli yang sudah malang melintang pada ajang rally dalam dan luar negeri ini, ada alasan khusus mengapa dirinya tertarik untuk membangun mobil rally yang mengambil basis dari mobil keluarga besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

“Memang XPANDER sangat cocok untuk keluarga. Kenyamanan dan kelengkapan fiturnya tidak dapat diragukan lagi sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia. Namun lebih dari pada itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat XPANDER memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” terang Rifat.

Selain itu, masih menurut Rifat, ada pergeseran penggunaan mobil dalam cabang balap tersebut. Dari yang tadinya banyak menggunakan mobil berkapasitas 2.000 cc, menjadi lebih ringkas yang menggunakan mesin berkapasitas di bawah itu.

“Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan,” tambahnya.

Secara spesifikasi, Mitsubishi XPANDER AP4 ini memiliki spesifikasi yang lebih gahar dari versi standar. Penggunaan mesinnya pun dirubah alias melakukan swap engine, namun dengan series yang masih sama. Hal tersebut mengacu pada regulasi yang telah ditetapkan oleh FIA.

Berikut spesifikasi Mitsubishi XPANDER AP4 :

Engine

Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)

Horse Power

350 HP

Torque

410 ft/lbs

Wheels

15 x 7 Speedline

Tire

Dellium RG4

Weight Distribution

55/45

You might also like