Formula E Jakarta Akan Digelar 5 Tahun Berturut-turut

JAKARTA – Akhirnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan secara resmi penyelenggaraan Formula E di Jakarta pada 6 Juni 2020.

Tentunya kabar tersebut sekaligus melanjutkan hasil pertemuan yang dilakukan oleh Anies Baswedan beberapa waktu lalu di New York, Amerika Serikat. Didampingi Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo, Anies menyampaikan Jakarta tidak hanya satu kali saja menjadi tuan rumah, tetapi secara lima tahun berturut-turut akan menggelar ajang balap mobil formula listrik tersebut.

“Yang berikutnya insya Allah kita selenggarakan bukan hanya satu tahun, kita Alhamdulillah mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah lima tahun berturut-turut. Dengan diselenggarakan lima tahun berturut-turut, maka investasi yang kita lakukan tidak habis percuma karena dipakai satu kali, justru akan bisa dipakai berkali-kali,” jelas Anies, dalam sambutannya di Jakarta.

Menurut Anies, dia juga menyampaikan bahwa dengan mendapat kesempatan selama lima tahun berturut-turut, investasi yang dilakukan tidak habis percuma hanya sekali balapan. Di samping itu, dengan adanya event selama lima tahun berturut-turut, maka nantinya diharapkan event ini akan menjadi event yang ditunggu oleh semua lapisan masyarakat.

“Dan harapannya juga kegiatan ini akan tumbuh menjadi salah satu event tahunan yang ditunggu masyarakat di Indonesia dan mengundang masyarakat internasional untuk datang ke sini,” tambah Anies.

Untuk mempersiapkan segala infrastrukturnya, menurut Direktur Utama Jakarta Property, Dwi Wahyu Daryoto, menyebutkan dana yang dibutuhkan untuk itu menelan sekitar ratusan milyar.

“Mulai Rp 300 – 300 Milyar itu untuk infrastrukturnya. Itu untuk bangun safetynya, paddock, sirkuit, dan prasarananya. Desain track dari mereka, termasuk spesifikasinya dari mereka, ya (estimasinya) antara Rp 300 – 350 Milyar,” ucap Dwi Wahyu Daryoto, usai konferensi persnya.

Mengenai lintasan yang akan digunakan, Anies Baswedan, belum merinci secara khusus. Namun, menurutnya kawasan Monumen Nasional (Monas) akan menjadi salah satu sektor yang akan dilintasi oleh mobil balap Formula E tersebut.

You might also like