IIMS: 2020 Ditiadakan & 2021 Digelar Februari

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA – Dyandra Promosindo akhirnya memutuskan untuk meniadakan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020. Penyelenggara akan focus menggelar IIMS 2021 pada 18-28 Februari.

Seharusnya, pameran otomotif IIMS 2020 digelar 9-19 April di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, namun karena wabah coronavirus 2019 (Covid-19) akhirnya Dyandra Promosindo menjadwal ulang meski tidak menyebut waktunya.

“Keputusan TIDAK terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis. Langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak utamanya dari sisi kesehatan sekaligus mendukung keputusan pemerintah untuk memutus penyebaran virus maha dahsyat ini,”ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Wabah Covid-19 sendiri telah berdampak kepada penurunan daya beli masyarakat dan penjualan kendaraan bermotor. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menerangkan bahwa penjualan kendaraan bermotor roda-4 ke atas selama kuartal I 2020 turun 15,6%  menjadi 219.361 unit jika dikomparasi dengan periode yang sama 2019 sebanyak 259.963 unit.

Untuk penjualan sepedamotor pun diperkirakan sama mengalami penurunan. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) juga memperkirakan terjadinya penurunan antara 25 – 30 persen untuk penjualan kendaraan roda-dua, khususnya pasar domestik hingga akhir tahun 2020. Pasar mobil bekas dan motor bekas pun sama, penurunan mulai dirasakan sejak Maret lalu.

Covid-19 telah memaksa pemerintah-pemerintah daerah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), di mana banyak sector perekonomian tidak beroperasi secara normal.

“Kami memahami dan ikut merasakan kondisi market otomotif yang sedang melemah akibat pandemi Covid-19, sehingga tentunya fokus APM (agen pemegang merek) dan industri otomotif adalah efisiensi dan pemulihan pasar secara internal. Namun komitmen IIMS untuk tetap mendukung program sales dan marcom APM dan aftermarket akan tetap bergema di tahun 2020,” lanjut Hendra.

Dyandra Pomosindo sendiri menjanjikan IIMS 18-28 Februari 2021 dengan spirit perayaan kreativitas, budaya, digital dan inovasi industry otomotif. ##

You might also like